66 Kebakaran Terjadi di Sleman, Yogyakarta | Liputan 24 Yogyakarta
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

66 Kebakaran Terjadi di Sleman, Yogyakarta

Posted by On 5:15 AM

66 Kebakaran Terjadi di Sleman, Yogyakarta

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Sebanyak 48 kejadian bencana angin kencang melanda wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada semester pertama 2018.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Joko Supriyanto, menuturkan, hingga Juni 2018 telah terjadi 48 kejadian bencana angin kencang dengan sebanyak sembilan titik terjadi di Kecamatan Seyegan. Untuk bencana tanah longsor tercatat 29 kejadian, bencana banjir 5 kejadian, bencana petir 9 kejadian, dan bencana kebakaran 66 kejadian.

"Dalam setiap mitigasi bencana, pemerintah tidak dapat mewujudkan upaya tersebut tanpa didukung oleh masyarakat dan tim relawan," katanya, Sabtu (21/7/2018).

Ia mengatakan, untuk kondisi masyarakat terlatih sampai dengan 2017 sebanyak 7.318 jiwa dan meningkat pada pertengahan 2018 menjadi 7.568 jiwa.

"Kesiap-siagaan seluruh unsur menjadi poin pen ting dalam meminimalisir dan mengelola kebencanaan di wilayah kita," katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman menggelar gladi lapang penanganan kejadian bencana angin kencang dan pengukuhan Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa Margodadi, Seyegan.

"Kegiatan ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman untuk terus membekali masyarakat dengan kemampuan mitigasi bencana," katanya.

Joko mengatakan, kegiatan gladi tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana khusunya kelompok rentan dalam pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi risiko bencana.

"Pemkab Sleman terus mendukung pembentukan Desa Tangguh Bencana. Dari 2014 sampai dengan hari ini di Sleman sudah dikukuhkan sebanyak 43 Desa Tangguh Bencana," katanya.

Ia mengatakan, Kabupaten Sleman dianugerahi karakteristik wilayah yang beragam. Setiap wilayah memiliki potensi bencana yang berbed a-beda.

"Sleman memiliki ancaman bencana berupa erupsi Gunung Merapi, banjir, angin puting beliung, petir, tanah longsor, kekeringan, kebakaran maupun gempa bumi," katanya.

Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »