Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan Ribuan Barang Ilegal | Liputan 24 Yogyakarta
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan Ribuan Barang Ilegal

Posted by On 4:05 PM

Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan Ribuan Barang Ilegal

Yogyakarta

Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan Ribuan Barang Ilegal

Kantor Bea dan Cukai wilayah Yogyakarta memusnahkan ribuan barang ilegal dengan nilai mencapai ratusan juta rupiah.

Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan Ribuan Barang IlegalTRIBUNJOGJA.COM / Bramasto AdhyPetugas Bea Cukai memusnahkan barang sitaan di kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Yogyakarta, Jumat (13/7). Barang-barang yang dimusnahkan diantaranya terdapat 1.200 botol minuman keras ilegal dan batang rokok ilegal.

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Guna melindungi masyarakat dari penggunaan dan peredaran barang-barang ilegal yang berpotensi membahaya kan masyarakat, Kantor Bea dan Cukai wilayah Yogyakarta memusnahkan ribuan barang ilegal dengan nilai mencapai ratusan juta rupiah.

Adapun barang-barang tersebut terbukti melanggar ketentuan larangan dan pembatasan (Lartas).

Baca: Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Barang Ilegal Lainnya

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengatakan, bahwa jumlah barang ilegal yang dimusnahkan berjumlah 5.111, barang tersebut merupakan hasil penindakan sejak akhir tahun 2017 hingga semester satu tahun 2018.

Diungkapkannya, penindakan tersebut juga karena sinergitas pihaknya dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), POS Indonesia, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dan Satpol PP Yogyakarta.

Lanjutnya, 5.111 barang yang dimusnahkan terdiri dari dua kelompok yakni dari hasil penindakan di tempat penjualan dan Operasi Gempur.

Sedangkan satu kelompok lagi dari barang-barang yang kedapata n melanggar ketentuan lartas saat akan dikirim maupun masuk ke Indonesia.

"Untuk miras ilegal yang dimusnahkan ada 1200 botol dengan nilai Rp 329 juta dan 3.356 batang rokok ilegal senilai Rp 9 juta. Barang-barang itu yang kena cukai ilegal dan hasil penindakan di tempat jualan eceran yang melanggar pasal 14 Undang-undang cukai tentang perizinan," katanya pada Tribunjogja.com, Jumat (13/7/2018).

Baca: Sembunyikan Sabu di Popok yang Dipakai, Wanita asal Klaten Ini Diciduk Petugas Bea Cukai

Sambungnya, kelompok kedua meliputi barang-barang yang kedapatan melanggar ketentuan lartas dari berbagai Kementerian/Lembaga yang pelaksanannya diserahkan kepada pihaknya.

Adapun barang-barang yang melanggar ketentuan lartas meliputi kosmetik, suplemen, obat-obatan, sex toys, kamera, smartphone, mainan, benih tanaman dan sparepart bekas hasil penindakan dari barang kiriman lewat POS.

"Total nilai keseluruhan barang yang dimusnahkan ditaksir Rp400 juta," ucapnya.

Diungkapkannya pula, untuk Kantor Bea dan Cukai wilayah Yogyakarta telah melakukan 254 penindakan di tahun 2018.

Menurutnya, merunut perhitungan secara nasional pihaknya telah melakukan penindakan sebanyak 24.337 kali di tahun 2017 dan di tahun 2018, tepatnya hingga bulan Juli 2018 tercatat 8.973 penindakan yang dilakukan pihaknya.

"Untuk penindakan memang menurun dibanding tahun lalu, tapi dari total nilai barang mengalami peningkatan. Dari Rp 7 triliun jadi Rp 7,8 triliun," katanya. (*)

Penulis: rid Editor: Gaya Lufityanti Ikuti kami di Marah Besar, Kapolri Copot Polisi Penganiaya Wanita yang Mencuri di Tokonya Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »