Sarasehan Kita Pancasila, Menggali dan Menyebarkan Nilai ... | Liputan 24 Yogyakarta
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Sarasehan Kita Pancasila, Menggali dan Menyebarkan Nilai ...

Posted by On 9:19 AM

Sarasehan Kita Pancasila, Menggali dan Menyebarkan Nilai ...

Yogyakarta

Sarasehan Kita Pancasila, Menggali dan Menyebarkan Nilai Pancasila di Yogyakarta

Kegiatan ini ditujukan untuk melihat apakah masih ada nilai-nilai pelaksanan Pancasila di tengah-tengah masyarakat Yogya.

Sarasehan Kita Pancasila, Menggali dan Menyebarkan Nilai Pancasila di YogyakartaTRIBUNJOGJA.COM / Yosef LeonKepala Pusat Studi Pancasila UGM, Dr. Heri Santosa (kiri), bersama Kepala Kesbangpol DIY, Agung Supriyanto (tengah) dan Ketua Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Drs. Achmad Charris Zubair (kedua kanan) saat menyampaikan materi diskusi mengenai aktualisasi nilai Pancasila di Joglo Doyong Superman, Sosrowijayan Wetan, Jumat (13/7/2018). Ke giatan itu dilakukan dalam rangkaian memperingati bulan Pancasila.

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masih dalam rangkaian peringatan bulan Pancasila, Panitia bersama yang terdiri dari Keluarga Alumni Gadjah Mada, Ikatan Alumni UII, PSP UGM, Kwarda Pramuka DIY, APTISI DIY, PWI DIY, PKK DIY, P3I, Eksis Komunika dan Sekber Keistimewaan DIY mengelar Sarasehan Kita Pancasila bertajuk 'Menggali Contoh Tuladha Pengamalan Pancasila di Yogyakarta', Jumat (13/7/2018) di Joglo Doyong Superman, Sosrowijayan Wetan.

Kegiatan yang dihadiri oleh para stakeholder Kelurahan Sosrowijayan dan warga sekitar ini menghadirkan tiga orang sebagai pemantik diskusi, yakni Kepala Pusat Studi Pancasila UGM, Dr Heri Santosa, Kepala Kesbangpol DIY, Agung Supriyanto dan Ketua Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Drs Achmad Charris Zubair.

Baca: Hindari Beli Barang Ilegal, Masyarakat Diharap Bijak Manfaatkan E-Commerce

Ditemui disela-sela acara, Heri Santosa mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk melihat apakah masih ada nilai-nilai pelaksanan Pancasila di tengah-tengah masyarakat Yogya.

"Dan dari diskusi tadi sebenarnya sudah tampak bagaimana masyarakat Yogya menerima pluralisme, toleransi, gotong royong dan keanekaragaman budaya yang ada disini," katanya pada Tribunjogja.com.

"Kami berharap, nilai-nilai yang sudah di implementasikan itu kita kembangkan, kemudian yang sudah tidak relevan akan kita olah kembali, atau yang sudah mengancam lunturnya Pancasila, itu kita antisipasi," sambungnya.

Tokoh masyarakat setempat, Purwandari, SH mengapresiasi kegiatan yang dilakukan di daerahnya ini.

Dia pun menganggap, dengan semakin menipisnya pelaksanan nilai luhur Pancasila di kalangan masyarakat, dapat semakin dikuatkan dengan kegiatan positif seperti ini.

Baca: M asyarakat Diminta Turut Cermati Calon Legislatif Bermasalah

"Kegiatan ini juga diikuti dari gang tiga (daerah lokalisasi-red), jadi kita ingin mbak-mbaknya itu dapat belajar nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," tukasnya.

Seorang Pekerja Seks (PS) bernama Ayu mengaku senang mengikuti kegiatan sarasehan Pancasila ini.

"Kita bersyukur juga dapat diikutsertakan dalam kegiatan ini, disejajarkan dengan masyarakat yang lain nggak dibeda-bedakan," imbuhnya.

Meskipun hanya lima perwakilan PS yang diikutsertakan dalam kegiatan ini, Ayu yang telah dua tahun ini menjalani pekerjaannya mengatakan, akan membagikan apa yang telah diketahuinya pada acara tersebut kepada teman-teman seprofesinya, agar mereka juga dapat mafhum nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. (*)

Editor: Gaya Lufityanti Ikuti kami di Marah Besar, Kapolri Copot Polisi Penganiaya Wanita yang Mencuri di Tokonya Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »