Strategi Travel Agent Yogyakarta Antisipasi Fluktuasi Rupiah | Liputan 24 Yogyakarta
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Strategi Travel Agent Yogyakarta Antisipasi Fluktuasi Rupiah

Posted by On 3:45 AM

Strategi Travel Agent Yogyakarta Antisipasi Fluktuasi Rupiah

Bisnis

Strategi Travel Agent Yogyakarta Antisipasi Fluktuasi Rupiah

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap USD yang terjadi belakangan ini, tidak serta merta menaikkan tingkat kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

Strategi Travel Agent Yogyakarta Antisipasi Fluktuasi Rupiahgrafis.tribunjogjadollar versus rupiah

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Fenomena fluktuasi rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (USD) yang terjadi beberapa minggu terakhir, dinilai tidak berdampak secara signifikan bagi para pelaku travel agent di Yogyakarta.

Dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (7/7/20 18), Ketua DPD Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) DIY, Udhi Sudiyanto menuturkan bahwa, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap USD yang terjadi belakangan ini, tidak serta merta menaikkan tingkat kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, terutama DIY.

Baca: Begini Tanggapan Pelaku Usaha Terkait Pelemahan Rupiah

"Bagi tamu inbound tidak memberikan dampak untuk saat ini, bagi mereka (fluktuasi rupiah) hanya menjadikan destinasi kita lebih murah, walau sekarang ini belum memberikan pengaruh yang signifikan," imbuhnya.

Namun, menurut Udhi hal tersebut pastinya akan berdampak pada wisatawan domestik yang akan berkunjung ke luar negeri serta penduduk Indonesia yang berniat menunaikan ibadah umrah.

"Bagi pemain outbond dan umrah tentu menjadi masalah, karena banyak komponen didasarkan pada nilai tukar mata uang asing dan pastinya sedikit akan membebani mereka yang hendak melakukan perjalanan ke luar neg ri," jelasnya.

Menghadapi situasi ini pun pihaknya juga telah melakukan beberapa antisipasi kepada para wisatawan, yakni seperti menginfokan secara cermat terkait situasi terkini yang terjadi di Indonesia dan DIY, sehingga akan memberikan pemahaman yang jelas bagi para wisatawan yang akan berkunjung.

"Dan Alhamdulillah, sampai sekarang belum ada laporan pembatalan mereka yang dari luar negeri karena pengaruh nilai tukar ini," terangnya.

Baca: Pelemahan Nilai Tukar Rupiah Tak Berpengaruh pada Besaran Transaksi

Namun demikian, ia menilai bahwa nilai tukar rupiah terhadap USD sekarang berada di angka yang cukup tinggi, sehingga kurang baik terhadap iklim usaha travel agent, apalagi fluktuatif.

Pihaknya berharap kondisi ini daoat segera teratasi, karena dengan nilai tukar yang stabil, para pelaku travel agent dapat lebih mudah dalam penentuan harga jual ataupun tarif kepada wisatawan.

Sementara itu, secara terpisa h Pimpinan Travel Agent Lintas Samudra, Sri Sadono, mengemukakan hal yang serupa terkait dampak fluktuasi rupiah terhadap pelaku usaha travel agent, yakni hanya menguntungkan para wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Indonesia.

"Karena ini kan pengaruh ekonomi global ya, jadi kita ya hanya mengikuti saja, yang diuntungkan ya paling tamu yang inbound. Kalau pengaruh wisatawan domestik psikologinya paling terkait dengan kelesuan ekonomi dan kenaikan harga-harga, baru mungkin kita cemas," ungkapnya. (Tribunjogja.com)

Editor: Gaya Lufityanti Ikuti kami di Terbongkar Skenario Hilangnya Nining Selama 1,5 Tahun yang Mengaku Tenggelam di Pelabuhanratu Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »