Pemkot Yogyakarta Buat 'Smart Room' Tahun Depan | Liputan 24 Yogyakarta
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Pemkot Yogyakarta Buat 'Smart Room' Tahun Depan

Posted by On 11:58 AM

Pemkot Yogyakarta Buat 'Smart Room' Tahun Depan

Kota Jogja

Pemkot Yogyakarta Buat 'Smart Room' Tahun Depan

Smart room yang dimaksud tidak lepas dari upaya Kota Yogyakarta mengukuhkan diri sebagai smart city dengan berbagai aspek

Pemkot Yogyakarta Buat 'Smart Room' Tahun DepanTRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul HidayahNarasumber dalam penguatan implementasi smart city Pemerintah Kota Yogyakarta, Selasa (14/8/2018)

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta berencana membuat smart room pada 2019 mendatang.

Smart room yang dimaksud tidak lepas dari upaya Kota Yogyak arta mengukuhkan diri sebagai smart city dengan berbagai aspek di dalamnya nanti yang dapat terintegrasi.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menjelaskan bahwa konsep dari smart room sebenarnya merupakan tempat sistem informasi dan menjadi ruangan komando atas berbagai hal yang terjadi di Kota Yogyakarta, baik di dalam lingkungan Pemkot maupun yang ada di masyarakat.

Baca: Pemkot Yogya Gelar Workshop Penguatan Implementasi Smart City

"Jadi di sana kami mengintegrasikan beberapa informasi dan juga melakukan fungsi pengawasan dan juga segala bentuk komando bisa dilakukan dari sana," ujarnya, seusai workshop penguatan implementasi smart city di Balaikota Yogyakarta, Selasa (14/8/2018).

Ia memberikan contoh, misalkan terkait kondisi parkir yang dapat dipantau melalui CCTV.

Ketika ada yang parkir sembarangan dan mengganggu pengguna jalan maupun arus lalu lintas di sebuah jalan yang ada di Kota Yogyakarta, mak a dari smart room tersebut akan langsung memberikan komando kepada oknum di lapangan untuk tidak parkir di titik tersebut.

"Tapi tidak hanya itu. Masyarakat nantinya tidak akan bisa melakukan kejahatan. Semua bisa direwind. Bisa diputar ke belakang. Pelaku usaha kami harap bisa ikut berpartisipasi dengan menyediakan CCTV sehingga semakin banyak titik yang bisa terpantau melalui smart room," bebernya.

Baca: Smart City untuk Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta, Tri Hastana lebih jauh menjelaskan bahwa smart room nantinya menjadi tempat yang bisa menjadi alat bantu untuk mengambil kebijakan di Kota Yogyakarta.

"Dalam ruangan tersebut, nanti akan ada yang standar seperti visualisasi Kota Yogyakarta, progress, dan ala yang sudah jadi komitmen. Misalkan data pergerakan realisasi keuangan dan kegiatan," bebernya.

Halaman s elanjutnya 12
Penulis: kur Editor: Ari Nugroho Sumber: Tribun Jogja Ikuti kami di Gara-gara Utang, Satu Keluarga Tewas Dibakar Sindikat Narkoba di Makassar, Diotaki Napi dari Penjara Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »