Mengenal sosok Handoko, kolektor sepeda motor klasik asal ... | Liputan 24 Yogyakarta
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Mengenal sosok Handoko, kolektor sepeda motor klasik asal ...

Posted by On 11:53 PM

Mengenal sosok Handoko, kolektor sepeda motor klasik asal ...

Merdeka > Peristiwa Mengenal sosok Handoko, kolektor sepeda motor klasik asal Yogyakarta Minggu, 16 September 2018 03:33 Reporter : Purnomo Edi Handoko dan koleksi motor klasiknya. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Lebih kurang 300 motor klasik berbagai tahun menjadi koleksi David Sunar Handoko (63). Tak hanya motor bermerek Harley Davidson keluaran lawas yang menj adi koleksinya, tetapi ada juga Vespa, Yamaha, Honda, Lambretta, Indian, Birmingham Small Arms (BSA), Norton, BMW, hingga motor Nimbus buatan Denmark.

BERITA TERKAIT
  • Sosok nyata di balik 5 tokoh jahat dalam dongeng-dongeng populer
  • Begini kerennya jika 1 juta LEGO disulap jadi Bugatti Chiron, bisa dikendarai juga!
  • Di tangan seniman Cirebon ini, batang korek jadi manusia mini nan unik

Koleksi motor klasik tersebut disimpan oleh Handoko di museum pribadinya yang ada di Jalan KH Ahmad Dahlan no 88, Kota Yogyakarta. Museum itu dinamainya Museum Motor Merpati. Di bangunan berlantai 2, itulah koleksi motor Handoko tersimpan rapi.

Sepintas jika dilihat dari luar tak ada yang menyangka jika bangunan yang dulunya dipakai oleh Handoko sebagai dealer sepeda motor itu berisi harta karun yang tak ternilai harganya. Tetapi begitu kita masuk ke dalamnya, akan nampak berbagai kendaraan klasik.

Handoko menceritakan awal mula jatuh cinta pada motor klasik karena melihat pengendara motor klasik dengan cc besar terlihat sangat menikmati hobinya. Berawal dari hal itu Handoko kemudian memutuskan untuk membeli motor klasik.

"Pertama kali punya tahun 1989. Motor pertama saya saat itu Harley Davidson Sportster buatan tahun 1959. Waktu itu saya beli Rp 3,5 juta," ujar Handoko belum lama ini.

Handoko kian memantapkan diri untuk mengoleksi motor klasik saat dirinya berada di Kanada dan beberapa negara lainnya. Di negara itu, Handoko mendapatkan informasi jika motor klasik yang ada di negara itu ternyata berasal dari Indonesia.

"Indonesia itu surganya motor klasik. Banyak motor klasik masih tersimpan di Indonesia. Saat itu (tahun 90an) motor klasik belum semahal sekarang. Kemudian banyak kolektor dari luar negeri datang ke Indonesia dan memborong motor klasik. Motor-motor itu lalu dibawa pulang ke negara," ungkap Handoko.

Melihat kenyataan itu, Handoko pun b ertekad untuk memborong motor klasik di Indonesia agar tak dibawa ke luar negeri. Handoko berharap agar motor klasik yang mewarnai sejarah Indonesia itu bisa terselamatkan, dan tetap bisa menjadi saksi perjalanan bangsa Indonesia.

"Akhirnya saya borong. Demi menyelamatkan aset Indonesia. Di internet (dijelaskan) negara terbanyak Harley itu Indonesia setelah Amerika. Karena Harley juga dipakai untuk militer dan polisi," urai Handoko.

Handoko pun kemudian memulai perburuannya mengumpulkan kuda besi berbagai jenis. Perburuan ini dilakukan dengan mencari ke pelosok-pelosok daerah.

Handoko menambahkan saat itu harga motor klasik belumlah semahal saat ini. Harganya pun masih berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah saja.

Dalam mengoleksi motor Handoko tidak asal membeli. Ada sejumlah kriteria yang menjadi pertimbangan saat dirinya memutuskan membeli sebuah motor klasik.

"Kriterianya motor yang diproduksi terbatas atau sedikit. Kemud ian motor yang sudah mencapai puncak kejayaan di zamannya. Selain itu juga motor yang dipakai untuk keperluan khusus, seperti polisi atau militer dan pejabat. Lalu motor bekas orang penting dan terkenal," pungkas Handoko. [cob]

Baca Juga:
Sosok nyata di balik 5 tokoh jahat dalam dongeng-dongeng populerUniknya karya seni dari kristal garam di Laut MatiBegini kerennya jika 1 juta LEGO disulap jadi Bugatti Chiron, bisa dikendarai juga!Penjual batu akik menjerit, dulu booming kini diobral pun tak lakuPotret penggila Vespa ekstrem di IndonesiaDi tangan seniman Cirebon ini, batang korek jadi manusia mini nan unik
Topik berita Terkait:
  1. Hobi Unik
  2. Yogyakarta
  3. Tips Motor
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
  • Asian Para Games 2018 jadi kesempatan volunteer semakin mengenal atlet difabel

  • Kemenko PMK sebut gotong royong pusat dan daerah syarat mutlak pembangunan

  • Kemenko PMK utamakan perlindungan anak dan perempuan dalam penanganan bencana NTB

Rekomenda si

Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »