Purwodiningratan Ingin Jadi Kampung Telo Tempe, Suguhi ... | Liputan 24 Yogyakarta
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Purwodiningratan Ingin Jadi Kampung Telo Tempe, Suguhi ...

Posted by On 4:26 AM

Purwodiningratan Ingin Jadi Kampung Telo Tempe, Suguhi ...

Kota Yogyakarta

Purwodiningratan Ingin Jadi Kampung Telo Tempe, Suguhi Wisatawan dengan Kuliner Khas Yogyakarta

Purwodiningratan berupaya mengukuhkan diri sebagai kampung yang menyuguhkan kuliner, telo dan tempe, yang khas bagi wisatawan

Purwodiningratan Ingin Jadi Kampung Telo Tempe, Suguhi Wisatawan dengan Kuliner Khas YogyakartaTribunjogja/ Kurniatul HidayahWakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat melakukan kunjungan yang menyediakan olahan telo dan tempe di Purwodiningratan, Sabtu (22/9/2018).

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA .COM, YOGYA - Purwodiningratan berupaya mengukuhkan diri sebagai kampung yang menyuguhkan kuliner (wisata kuliner) khas bagi wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta, yakni telo dan tempe.

Pada gelaran Festival Telo Tempe 2, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi pun mengingatkan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan keseriusan seluruh masyarakat Purwodiningratan.

"Perlu usaha yang tidak sebentar dan tidak main-main. Harus serius. Bagaimana mengelola masyarakat yang ada di purwodiningratan yang punya usaha telo dan tempe supaya nanti telo tempe menjadi makanan khas di sini," ucapnya, Sabtu (22/9/2018).

Ia pun membagikan pengalamannya ketika mempromosikan sebuah kampung di Yogya sebagai jujugan wisatawan selain Malioboro. Namun, ketidaksiapan masyarakat di kampung tersebut justru membuat wisatawan yang datang bingung.

Baca: Asal-usul Gudeg : dari Zaman Kerajaan Mataram Hingga Jadi Ikon Kuliner Jogja

< strong>Baca: Pemkot Yogya Luncurkan Aplikasi Ngelarisi Oktober Mendatang

"Wisatawannya bingung, apa yang ditawarkan. Apakah wisatanya atau kulinernya. Jadi yang semacam itu harus jelas. Termasuk di Purwodiningratan," bebernya.

Manajemen yang harus dibangun mulai saat ini adalah kesiapan ketika wisatawan datang ke sana. Mulai dari parkir hingga bagaimana mereka nantinya parkir hingga akan menikmati makanan di tempat ataupun di bawa pulang.

"Jangan sampai mereka bingung harus parkir di mana. Lalu warga juga ketika ada yang datang baru muter-muter cari tempat untuk makan wisatawan," tandasnya.

Ia pun mendorong warga untuk segera melakukan perencanaan yang bisa disampaikan saat Musrenbang. Kematangan perencanaan tersebut bisa menjadi pertimbangan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk bisa mendukung festival telo dan tempe setiap tahunnya di Purwodiningratan.

"Sehingga 2-3 tahun wujud yang diharapkan sudah bisa terlihat,&quo t; tandasnya.

Baca: Sederet Acara yang Biasa Digelar di Kawasan Wisata Alun-Alun Utara Yogyakarta

Baca: Megadeth Undang Jokowi dan Ganjar Pranowo Hadir di JogjaRockarta 2018

Kesiapan

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Telo Tempe Purwodiningratan Primahesta mengaku siap melakukan pembenahan di area tersebut. Pasalnya, olahan telo dan tempe sudah digemari warga Purwodiningratan sejak puluhan tahun silam.

"Telo dan tempe kira juga jadi bahan baku di rumah makan besar yang ada di Kota Yogyakarta," ucapnya.

Terkait lahan parkir dan penyiapan tempat bagi wisatawan, ia bersama warga akan mengupayakan hal tersebut.

"Tapi kalau harus ada pelebaran, kami tidak mau. Jadi dipertahankan gang-gang begini tapi nanti ditata," ucapnya.(kur)

Editor: ose Sumber: Tribun Jogja Ikuti kami di Video Viral Jokowi Hormat Sendiri saat Indonesia Raya Berkumandang, Begini Menurut Undang-undang Sumber: Berita Yogyakarta | Disclaimer: Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »